Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 27 November 2011

PANTAI UTARA KARAWANG RUSAK AKIBAT OMBAK

Tirtajaya - Terjangan ombak beberapa hari ini telah merusak sepanjang pantai utara karawang,kondisinya sudah kritis bahkan puluhan hektar tambak milik warga ikut kena imbasnya, tidak tertutup kemungkinan kalau di diamkan bisa permukiman pun ikut tergerus pemerintah harus cepat tanggap mengantisipasi hal tersebut untuk melakukan pembuatan pemecah ombak dan menanam tanaman mangrove

Rohi (35) Kepala Dusun Suka Mulya Desa Pusaka Jaya Utara Kecamatan Cilebar mengatakan  belum lama ini. Dia meminta supaya pemerintah memperbaiki kerusakan pantai itu bukan dengan karung, mengingat kwalitas karung tidak tahan lama. Harusnya, perbaikan itu menggunakan turap permanen atau menggunakan pohon mangrove dan rucukan bambu. "Selama ini kerusakan pantai terkesan dibiarkan saja," ujarnya.

Dikatakannya, dia sering melihat banyak diantara pegawai Pemda Karawang yang hanya melakukan foto-foto, tapi tidak pernah ada realisasinya, bahkan kondisi pantai kian makin buruk dan mengancam habitat juga masyarakat setempat.

Ombak yang diperkuat hembusan angin timur di sekitar pantai utara Kabupaten Karawang acapkali mengakibatkan abrasi pantai yang sangat hebat. Tidak hanya berakibat hilang puluhan kilometer pantai tetapi juga menjadi penyebab banjir dipemukiman masyarakat.

Minimnya panahan gelombang ombak di pantai sering juga menciptakan inspirasi masyarakat membuat karung-karung beras berisi pasir yang digunakan sebagai dam atau penahan ombak.

Kejadian tersebut juga sama dialami warga Dusun Sarakan Desa Tambak Sari Kecamatan Tirtajaya,ombak telah membuat tambak limpas dengan air laut tidak sedikit ikan bandeng lepas sehingga merugikan petani tambak,belum ada antisipasi yang berarti dari pihak terkait,mengenai tanaman mangrove yang tumbuh subur di sepanjang muara telah banyak membantu menahan derasnya terjangan ombak

Warja (45) petani tambak setempat mengatakan pantai di Dusun Sarakan masih di anggap aman karena selain ada tanaman mangrove,letak tambak dengan laut cukup jauh "kalau ada yang mengatakan ada pembalakan hutan mangrove itu karena sentimen perorangan kenyataannya walau ombak besar tambak kondisinya masih aman dan tidak mengganggu tambak yang ada" pungkasnya (BBU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar