Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 30 November 2011

PENGHASILAN NELAYAN TAMBAK SARI MENURUN

Tirtajaya - Sejumlah nelayan di Desa Tambak Sari Kecamatan Tirtajaya mengeluhkan penurunan tangkapan ikan dan tingginya angin laut. Untung (35) nelayan setempat mengatakan,  dalam beberapa minggu terakhir, tangkapan ikan berkurang. Hal ini disebabkan karena kondisi air laut tidak stabil dan angin laut yang cukup tinggi. Selain itu kata Untung modal awal untuk melaut pun tidak sesuai dengan hasil yang di dapatkan.

"Modal awal berangkat melaut Rp 100 ribu, tapi kalau pulang hanya cukup makan saja. Ini akibat angin dan air laut yang tidak bersahabat, jadi ya tangkapannya juga sedikit" ucap nelayan asal Brebes yang mengaku puluhan tahun melaut di perairan Tambak Sari.

Masih dikatakannya, jenis ikan yang di dapat pun tidak sesuai apa yang diharapkan oleh semua nelayan yang ada. "Yang rame sekarang udang nasi, ikan jenis lainnya juga banyak tapi kalau cuacanya seperti ini susah nangkepnya juga" tuturnya.

Hal yang sama juga dialami Tarjo (40), menurutnya, dalam sehari ia hanya mampu mendapatkan ikan sebanyak 30 sampai 40 kilo gram. Berbeda dengan penangkapan saat cuaca baik, biasanya bisa mencapai 50 hingga 60 kilo gram.

 "Kalau anginnya engga kencang tangkapannya juga jadi stabil, tapi beberapa pekan ini cuaca di tengah pantai kurang bersahabat, jadi imbasnya ke hasil tangkapan yang turun" tukasnya.(BBU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar